MESIN STIRLING
Senin, 16 Januari 2012
1
komentar
MESIN
STIRLING
Mesin stirling
adalah nama dari penciptanya R. Stirling, orang yang menerima patent engine
pada tahun 1816. Mesin Stirling membuat putaran yang baik tanpa getaran,
efisiensinya tinggi (40-50%) dan gas bekasnya sangat bersih. Prinsip dasar mesin
yaki endapat tekanan dengan pengembangan gas apabila mendapat pendinginan. Pada
mesin Stirling tekanan bervariasi yang dibangkitkan oleh piston pemindah yang
berganti bekerja gas antara bagian silinder atasyang panas dan bagian bawah
yang dingin. Apabila piston pemindah bergerrak ke TMB (titik mati bawah). Gas
bekerja bergantian dari ruangan dingin melalui pipa ke ruangan panas. Gas
dipanaskan tekanan naik dan piston penekan erdorong ke arah TMB. Tekanan gas turun bila piston
peindah bergerak ke TMA dan gas berpindah ke ruangan pendingin. Prinsip
bekerjanya dilengkapi dengan sebuah mekanik penggerak yang berbeda nyata dengan
mesin bensin dan mesin diesel.
Piston peinndah
di hubungkan dgn poros engkol melalui batang piston, yoke dan dua batang
penghubung batang torak. Piston penekan dihubungkan dengan cara yang sama pada
poros engkol. Piston penekan dgn batang pistonnya berlobang dan batang piston
pemindah massuk kedalam lobang. Poros engkol dihubungkan melalui dua roda gigi
saling bergigitan dan berputar berlawanan arah. Tenaga dari piston penekan
dipindahkan ke poros engkol dan dari sana pada porosnya melalui sebuah gigi.
Mekanik pemutar Rhombic memberi keyakinan rangkaian dari gerakan pada piston
pemindah dan piston penekan.
1 komentar:
cara buat piston mininya gimana..?
Posting Komentar