Your Adsense Link 728 X 15

instrumen kelistrikan

Posted by Unknown Jumat, 27 Januari 2012 0 komentar

Instrument kelistrikan
Moving Coil Instrument
moving coil innstrument adalah koil persegi panjang yang ditempatkan pada suatu sumbu dengan bantalan sehingga dapat berputar pada antara kutub-kutub magnet, jarum petunjuk dilekatkan pada sumbu dan bila tidak ada voltase kepada instrument jarum petunjuk berada pada posisi 0 (nol) disebabkan oleh pegas gulung (coil spring).
Arus dari kutub positiv ke moving coil melalui pegas gulung bawah. Lapangan magnet yg dihasilkan sekitar moving coil berhubungan dengan gaya lapangan maknit diantara kutub-kutub magnet sehingga menyebabkan moving coil bergerak. Penyimpanan itu sebanding dengan arus melalui coil itu, yaitu bila arus banyak melalui coil, penyimpanannya bertambah besar. Garis-garis skala yaitu jarak antara bagian skala adalah sama. Moving coil instrument dapat idgunakan sebagai voltmeter untuk DC ataupun AC. Bila digunakan untuk pengukuran AC harus dilengkapi dengan suatu rectifier. Instrument seperti ini banyak digunakan pada alat tes kendaraan. Moving coil instrument digunakan sebagai voltmeter , instrument itu dilengkapi dengan resistor yg dihubungkan seri yang tahananya dihitung dalam hubungannya dgn tahanan moving coil. Beberapa tingkat pengukur misalnya 0-3 V; 0-10 V; 0-20 V; dan 0-40 V dapat dicapai dengan berbeda resistor dgn hubungan seri.
Moving coil instrument digunakan sebagai amperemeter
banyaknya arus yang mengalir melalui suatu shunt yg dihubungkan paralel ke moving coil dan yg dihubungkan seri dengan rangkaian yang diukur suatu arus yang sangat sedikit mengalir melalui moving coil. Tingkat pengukuran normal adalah : 10-0-100 A dan 0-600 A
Moving Iron Instrument
moving iron instrument mempunyai coil yg efek lapangan magnetnya kepada sebuah vane dari besi lunak, vane itu diletakan pada sumbu jarum dan ditarik lebih jauh kecil bila arus bertambah besar, skala nya  tidak beraturan karna keadaan magnetnya. Bagian pertama dari skala dengan jarak pembagian yg pendek, instrument ini cocok untuk arus DC dan AC.
Moving Magnet Instrument
sebuah vane dari besi lunak dileatkan pada sumbu jarum dan ditempatkan diantara kutub-kutub magnet kuku kuda. Posisi amature itu ditentukan oleh arus yg melalui coil. Bila tidak ada arus melalui instrument itu vane tidak akan berputar. Bila arus melalui koil vane itu akan berputar dan penyimpangan jarum petunjuk , tergantung kepada arah arus. Instrument itu digunakan sebagai ampermeter pada sistem listrik, ia menunjukan charge (mengisi) atau tidak charge tetapi instrument itu tidak presisi

0 komentar:

Posting Komentar

Suport

Pengikut